Powered By Blogger

Saturday, January 26, 2013

Validasi Komputer

Komputer dewasa ini memiliki banyak sekali tugas bukan hanya untuk aplikasi kantoran, tetapi juga komputer telah berperan sangat besar sekali terhadap kehidupan manusia mulai dari pengambilan data, melakukan analisa, mengambil keputusan bahkan menjalankan fungsi – fungsi dari mesin baik dari secara otomatis maupun manual.
Untuk itu bagi kita sebagai pemilik atau penanggung jawab project IT dibutuhkan beberapa parameter ukur yang dibutuhkan untuk melakukan pembuktian ataupun validasi terhadap sistem komputernya. Sistem Komputer (Computer System) sederhananya adalah programmable device yang menurut meaning para ahli jika dibuat kelompok besar terdiri dari  :
  • Hardware dan Software untuk PC (Desktop/ Laptop), Komputer Server dan Human Machine Interface (HMI = panel digital pada mesin)
  • Instrument dan Mikro Controller, biasanya memiliki firmware (ROM) seperti  embedded system
  • Standard Software Package seperti aplikasi office
  • Configurable Software Packages, biasanya PLC based seperti LIMS, ERP, dll
  • Costum Built Software, seperti program operasi mesin atau juga seperti program hasil generated dari Configurable Software
Pada prakteknya Computer System lebih dikenal didalam kelompok PC, PLC, DCS dan SCADA. Simak cara melakukan pengesahan/ validasi agar anda mendapatkan sistem komputer yang terbaik yang sesuai dengan yang anda butuhkan

No comments:

Post a Comment