Powered By Blogger

Friday, October 12, 2012

Galaxy S III Mini

Disini saya coba membahan mengenai smartphone yang baru-baru saja diluncurkan ini. Nama smartphone itu “Galaxy S III mini”.
Samsung baru saja melepas Galaxy S III versi mungil dengan layar 4 inch. Selain ukuran layar, apa saja yang membedakan Galaxy S III Mini ini dengan sang 'kakak'?

Perbedaan mencolok tentunya terlihat dari ukuran layar, jika Galaxy S III menggunakan LCD ukuran 4,8 inch maka versi mininya hanya berukuran 4 inch, begitu juga soal resolusi layar yang semakin mengecil.

Galaxy S III memiliki resolusi 1280 x 720 pixel, sementara 'sang adik' hanya berukuran 800 x 480 pixel. Dampaknya jelas, kualitas gambar yang dihasilkan keduanya akan terpaut jauh walaupun sama-sama menggunakan Super AMOLED.

Pun begitu dengan 'otak' di balik kedua smartphone tersebut. Galaxy S III menggunakan prosesor 4 inti 1,4 GHz yang sangat perkasa, sedangkan versi Mini hanya mengusung chip STE U8420 dual core 1 GHz yang belum teruji kemampuannya.

Lensa kamera kedua ponsel tersebut juga berbeda, Galaxy S III menggunakan 8 MP sementara versi mininya hanya memiliki 5 MP. Hal ini membuat keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan saat dipakai untuk merekam video atau mengambil gambar.

Dukungan konektivitas keduanya juga berbeda, jika Galaxy S III sudah bisa dipakai pada jaringan 4G LTE sementara Galaxy S III Mini masih berkutat di 3G. Untungnya perbedaan ini masih belum berpengaruh bagi pengguna di Indonesia.

Secara keseluruhan Galaxy S III Mini memang bisa dikatakan sebagai versi downgrade dari Galaxy S III. Walau begitu sang adik ini ternyata sudah menggunakan Android Jelly Bean, sedangkan sang 'kakak' masih menggunakan Ice Cream Sandwich.

Berikut adalah spesifikasi lengkap Galaxy S III Mini, seperti dikutip detikINET dari zdnet, Jumat (12/10/2012).

  • Network: HSPA 14.4/5.76 900/1900/2100, EDGE/GPRS 850/900/1800/1900
  • Display: 4.0 WVGA Super AMOLED
  • Chipset: Dual Core 1 GHz
  • OS: Android 4.1 (Jelly Bean)
  • Camera: 5MP AF + LED Flash / VGA Front
  • Video: H.264, MPEG-4, H.263, VC-1, SorensonSpark, WMV7, WMV8, Recording/Playback : 720p
  • Audio: MP3, AMR-NB, AAC/AAC+/eAAC+, WMA, OGG(Vorbis), FLAC
  • Additional Features: Game/Video/ Readers/Music Hub, Kies, KiesAir, FM Radio (RDS), TouchWiz, Google Mobile Services, Google Search, Google Maps, Gmail, Google Latitude, Google Play Store, Google Play Books, Google Play Movies, Google Plus, YouTube, Google Talk,Google Places, Google Navigation, Google Downloads,
  • Connectivity: WiFi a/b/g/n, WiFi HT40 GPS/GLONASS NFC Bluetooth 4.0(LE)
  • Sensor: Accelerometer, Digital compass, Proximity, Gyro
  • Memory: 8/16 GB ROM + 1 GB RAM, microSD
  • Dimensions: 121.55 x 63 x 9.85 mm, 111.5 g
  • Battery: 1,500 mAh
Akan tetapi smartphone ini memiliki kritik dari para developer handphone
Salah satunya karena bentuk keanehan. Meski Galaxy S III Mini memakai nama yang sama seperti kakak besarnya, Galaxy S III, punya desain luar sama dan menjalankan TouchWiz UI di sistem operasi Android Jelly Bean, kedua ponsel secara mengecewakan hanya punya sedikit kesamaan di dalamnya.

S III punya dua varian, versi internasional dengan prosesor Samsung Exynos quad core dan versi AS dengan 1,5GHz dual-core Qualcomm Snapdragon CPU. Keduanya sangat cepat dan menawarkan performa terbaik. S III Mini di -downgrade menjadi 1GHz dual core.

Bahkan nama Mini terasa seperti kesalahan. Ya, S III Mini memang lebih kecil dari S III standar, namun ponsel 4 inch bukanlah sebuah perangkat mungil.

S III Mini datang layaknya sebuah penipu lihai yang gagal menyamai nama brand Galaxy S yang sudah ekselen, yang dibangun Samsung dengan susah payah.
Wajar bila tiap smartphone mendapatkan kritik karena mungkin dengan harga yang terjangkau mereka tidak bisa mendapatkan smartphone yang sempurna

sumber : http://inet.detik.com/read/2012/10/12/095940/2060915/317/galaxy-s-iii-dan-versi-mini-bedanya-apa-sih?i991103105

No comments:

Post a Comment